Ad Code

Responsive Advertisement

PAYUNG: SIMBOL KEKAYAAN YANG BERUBAH MENJADI PELINDUNG DARI HUJAN DAN SINAR MATAHARI

Payung adalah sebuah benda yang kita gunakan untuk melindungi diri dari hujan atau sinar matahari. Ternyata dahulunya payung bukan hanya sebagai alat pelindung diri dari hujan dan sinar matahari saja, tetapi menjadi simbol kekayaan dari sebuah masyarakat. Dikarenakan pada saat itu pembuatan payung masih menggunakan bahan dasar yang cukup mahal seperti sutra, maka cukup wajar jika payung menjadi simbol kekayaan. 

Sejarah payung sebenarnya sudah sangat tua, dan sulit untuk ditentukan asal-usulnya. Namun, ada pembahasan yang cukup populer yang mengatakan bahwa payung berasal dari Cina sekitar 2.400 tahun yang lalu.






AWAL MULA ADANYA PAYUNG


  • 2.400 Tahun Yang Lalu 


Menurut sejarah, payung pertama kali digunakan sebagai simbol kelas sosial atau pengukur kekayaan. Pada saat itu orang yang memiliki payung dianggap lebih tinggi derajatnya karena hanya kalangan orang kaya saja yang mampu memilikinya. Selain itu, payung juga digunakan sebagai pelindung dari sinar matahari, karena sinar matahari di Cina pada masa itu dianggap sebagai sesuatu yang merusak dan buruk.


Baca Juga: TUTORIAL CARA REGISTRASI KARTU INDOSAT DENGAN MUDAH


  • Abad ke- 11 


Di Inggris dan Perancis atau kawasan Eropa baru mengenal yang namanya payung pada abad ke-11. Payung awalnya terbuat dari bahan sutra dan batang payungnya terbuat dari kayu. Tetapi, karena sutra memiliki harga yang cukup mahal, maka payung pun mulai dibuat dari bahan lain seperti kain, kertas, atau kulit binatang.


Baca Juga: SENDOK: PERAN DAN PERKEMBANGANNYA DARI ZAMAN PRA SEJARAH SAMPAI SEKARANG


  • Awal abad ke- 18  


Di Eropa mulai meluas adanya payung pada awal abad ke-18, dan payung juga semakin sering dipakai, sehingga permintaan payung semakin tinggi. Hal ini membuat payung menjadi suatu produk yang cukup laku dan mulai masuk ke dalam industri.


 


Untuk kalian yang ingin lebih mengetahui secara rinci sejarah payung ada di dalam beberapa buku dan artikel sejarah. Salah satu sumber terpercaya mengenai sejarah payung dapat Anda temukan dalam buku "The Invention of the Umbrella" karya Seth Goldstein. Buku ini membahas sejarah payung secara lengkap, dari awal mula hingga perkembangannya pada masa kini. Selain itu, sumber terpercaya mengenai sejarah payung juga dapat ditemukan dalam artikel "The Fascinating History of Umbrellas" di website The Culture Trip. Artikel ini juga mengulas sejarah lengkap payung dengan bahasa yang mudah dipahami.

Terima Kasih.

Post a Comment

0 Comments