Ad Code

Responsive Advertisement

TUTORIAL CARA DAFTAR KARTU PRAKERJA

Kartu Prakerja merupakan program dari pemerintah Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2020 untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 dalam mencari pekerjaan atau meningkatkan keterampilan.


Adapun latar belakang diadakannya Kartu Prakerja adalah karena pandemi COVID-19 menyebabkan banyak masyarakat kehilangan pekerjaan atau mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan baru. Program Kartu Prakerja bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia meningkatkan keterampilan dan daya saing di dunia kerja, sehingga dapat memperoleh pekerjaan yang lebih baik atau memulai usaha baru.


MANFAAT KARTU PRAKERJA




https://pin.it/54WTQU3






1. Meningkatkan keterampilan: 

Pemilik Kartu Prakerja bisa memilih program pelatihan atau kursus online yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang tertentu.


2. Meningkatkan daya saing di dunia kerja: 

Dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, pemilik Kartu Prakerja akan memiliki keunggulan dalam persaingan kerja.


3. Mendapatkan bantuan finansial: 

Pemerintah memberikan bantuan finansial sebesar Rp3.550.000 untuk membiayai pelatihan atau kursus online yang dipilih oleh pemilik Kartu Prakerja.


4. Mendapatkan akses ke pasar kerja: 

Melalui program Kartu Prakerja, pemilik Kartu Prakerja akan mendapatkan akses ke informasi lowongan kerja dan peluang usaha.


5. Mengembangkan keterampilan kewirausahaan: 

Selain pelatihan atau kursus online, program Kartu Prakerja juga menyediakan pelatihan kewirausahaan untuk membantu pemilik Kartu Prakerja memulai usaha baru atau mengembangkan usaha yang sudah ada.


Setelah kita mengetahui apa latar belakang diadakannya kartu prakerja dan manfaat apa saja yang bisa didapat, mari kita bahas bagaimana cara membuat kartu prakerja. 


Baca Juga: TUTORIAL BISA BAHASA INGGRIS DENGAN CEPAT DAN LANCAR



TUTORIAL CARA DAFTAR KARTU PRAKERJA




https://pin.it/40dXnEA









Berikut adalah tutorial cara daftar Kartu Prakerja lengkap:


1. Kunjungi website Kartu Prakerja


Langkah pertama adalah kunjungi website resmi Kartu Prakerja di prakerja.go.id.



Baca Juga: CARA MENGHILANGKAN SAKIT PERUT AKIBAT HAID



2. Buat akun Kartu Prakerja 


Setelah itu, buat akun Kartu Prakerja dengan memasukkan nomor ponsel, email, dan password yang ingin kalian gunakan. Pastikan data yang dimasukkan benar dan valid.



Baca Juga: TATA CARA LENGKAP SHOLAT TAUBAT DENGAN BENAR



3. Isi data diri 


Setelah membuat akun, lengkapi data diri kalian dengan mengisi informasi seperti nama lengkap, nomor KTP, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, dan keahlian yang dimiliki. Pastikan data yang diisi benar dan valid.



Baca Juga: CARA MEMULIHKAN DATA YANG HILANG DI PERANGKAT ANDROID



4. Pilih program pelatihan yang diinginkan


Setelah melengkapi data diri, pilih program pelatihan yang diinginkan sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki. Terdapat banyak program pelatihan yang tersedia dalam program Kartu Prakerja.



Baca Juga: CARA MEN-SCAN PERANGKAT ANDROID UNTUK MEMULIHKAN DATA YANG HILANG



5. Ikuti tahap selanjutnya 


Setelah memilih program pelatihan, kalian akan diarahkan untuk melakukan tes kemampuan online atau pre test. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui level kemampuan yang dimiliki peserta, sehingga program pelatihan yang dipilih dapat disesuaikan dengan kemampuan tersebut.



Baca Juga: CARA MENYAMBUNGKAN PERANGKAT ANDROID KE PC



6. Mulai pelatihan


Setelah lolos pre test, mulailah pelatihan sesuai dengan jadwal dan materi pelatihan yang tersedia. Setelah menyelesaikan pelatihan, diharapkan untuk melalukan post test sebagai bentuk evaluasi.



Baca Juga: REKOMENDASI APLIKASI RECOVERY DI ANDROID UNTUK MENGEMBALIKAN DATA YANG HILANG



7. Dapatkan insentif


Setelah melalui seluruh tahapan pelatihan, kalian akan mendapatkan insentif sebesar Rp 1 juta. Insentif tersebut akan dicairkan setelah peserta mengikuti post test dan telah lulus pelatihan.



Baca Juga: CARA MEMBEDAKAN NASI DAN BUBUR DENGAN MUDAH



Itulah tutorial lengkap cara daftar Kartu Prakerja. Dalam beberapa kasus, proses pendaftaran dan verifikasi identitas mungkin memakan waktu. Tetapi, jika dilakukan dengan teliti dan sabar, ini akan memberikan banyak manfaat bagi masa depan. Jangan ragu untuk mengikuti program ini dan lakukan sekarang juga!


Terima Kasih. 

Post a Comment

0 Comments