Ad Code

Responsive Advertisement

PERCIKAN FANTASI MANIS: EKSPLORASI KEAJAIBAN RASA DALAM DUNIA DESSERT

 

https://www.instagram.com/yummico_/?hl=id




SEJARAH DESSERT DI DUNIA


Dessert merupakan makanan penutup penggugah selera yang paling populer di dunia saat ini. Tetapi dibalik fakta tersebut terdapat sejarah panjang dari zaman kuno sampai modern tentang dessert yang cukup menarik. 


Praktik mengonsumsi makanan manis di dunia terjadi sejak zaman kuno, seperti para bangsa Mesir kuno yang menghidangkan madu dan buah-buahan untuk acara-acara penting seperti, persembahan untuk para dewa. Memasuki abad pertengahan, makanan manis mulai dianggap sebagai makanan yang menyimbolkan kemewahan dan status sosial. Hal tersebut dikarenakan oleh, mulai sulitnya memperoleh rempah-rempah dan gula yang disebabkan perdagangan jarak jauh. Seiring perkembangan teknologi dan produksi pada abad ke-18, makanan manis atau dessert tidak seeksklusif sebelumnya dan mulai mudah diakses oleh masyarakat menengah. Proses pengolahan gula yang lebih efisien dan mulai munculnya coklat, menjadi inspirasi dalam pembuatan dessert baru. Pada abad ke-19 perkembangan produksi tepung dan bahan-bahan lainnya memunculkan kue-kue, roti, dan makanan manis lainnya yang lebih beragam. Inovasi makanan manis tentu tidak berhenti disitu, karena pada abad ini tingkat dessert semakin tinggi dikarenakan oleh teknologi pengolahan makanan, transportasi global, dan eksplorasi rasa yang lebih berkembang.


Baca Juga: FAKTA MENARIK: SEMUT KILAT, EIFFEL TOWER TUMBUH, JUMLAH GULA PASIR


FAKTA MENARIK DESSERT


Di artikel kali ini kita akan mengupas fakta-fakta menarik tentang makanan manis penggugah selera yang jarang diketahui.


1. Es krim pertama di dunia:


Sekitar 200 SM telah ada es krim di Tiongkok, diceritakan para raja-raja Dinasti Tang menikmati es yang diambil dari sungai dan kemudian disajikan dengan rasa buah-buahan.


https://www.instagram.com/yummico_/?hl=id 



Baca Juga: MENGUNGKAP TRADISI SUMPIT CINA, MISTERI UANG UANG KERTAS, DAN TOILET MASA DEPAN JEPANG



2. Arti nama "Dessert":


Kata "dessert" dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Prancis "desservir" yang memiliki arti "menghapus" atau "menghilangkan". Sesuai dengan fungsinya untuk menghilangkan mood buruk.


https://www.instagram.com/yummico_/?hl=id




Baca Juga: MEMBUKA MISTERI TUBUH MANUSIA: PANJANG PEMBULUH DARAH, JUMLAH TULANG, DAN FAKTA MENARIK TENTANG MIMPI


3. Kue paling dicari di dunia:


Kue yang banyak dicari di dunia bernama kue keju gaya New York yang terkenal karena kelembutan dan teksturnya yang lembut, dan sebagian besar berkat penggunaan keju krim dalam adonan. Banyak orang mengaitkannya dengan kelezatan New York.


https://pin.it/1xyOOuI


Dessert adalah bidang kreatif dalam kuliner yang terus berkembang dengan berbagai inovasi dan eksperimen rasa. Dari tradisi kuno hingga teknologi modern, dessert terus memanjakan lidah dan memberikan pengalaman kuliner yang mengagumkan.


Terima Kasih.


Post a Comment

0 Comments